Suambara, Pimpin Musrenbang di Kecamatan Kuta Utara

MUSRENBANG

 

 

 

Sentralbali.com-Pemerintah Kabupaten Badung sangat berharap,  melalui Musrenbang akan menghasilkan usulan kegiatan yang sifatnya lebih berorientasi pada upaya pemberdayaan (em-powering) terhadap masyarakat. Sehingga kedepannya akan tumbuh kemandirian di masyarakat, agar bisa memiliki daya saing.  

Demikian antara lain terungkap saat Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Badung, I Wayan Suambara membuka Musrenbang Kecamatan Kuta Utara di kantor Camat Kuta Utara, Selasa (10/2/2015).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Badung Nyonya Ratna Gde Agung yang juga sebagai Ketua Dekrasnada Badung, Wakil Ketua TP PKK, Nyonya Sri Sudiana, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Nyonya Kompyang R. Swandika, anggota DPRD Dapil Kuta Utara, Tripika Kecamatan Kuta Utara, Lurah dan Perbekel se-Kuta Utara serta tokoh masyarakat Kuta Utara.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Badung, I Wayan Suambara menekankan, untuk menumbuhkan kemandirian masyarakat di tingkat desa, diperlukan peranan dari para Perbekel/Lurah untuk dapat kreatif dan berinovasi.  “Caranya, masyarakat atau krama desanya dibuatkan kegiatan-kegiatan dari skala kecil, yang tentunya harus diseriusi, ditekuni, yang akhirnya bisa memberi tambahan penghasilan untuk masyarakatnya itu sendiri,” kata Wayan Suambara.

Suambara  meminta para Perbekel/Kepala Desa dan SKPD, agar dapat mengawal dengan sungguh-sungguh kegiatan yang sudah dirancangnya supaya dari waktu ke waktu hasil kegiatannya dapat lebih meningkat.

“Katakanlah mereka minta pelatihan, minta di bantu alat, oke kita (Pemkab Badung) akan berikan. Kita jadwalkan, anggarkan, dan belikan alatnya.  Namun minta ke para Kepala Desa/Lurah, SKPD, untuk coba di seriusi siapa saja yang mau melakukan kegiatan, yang secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Kalau tidak berkelanjutan, kan gak ada hasilnya. Intinya kita pemerintah siap untuk membantu,” tegasnya.

Sementara itu Camat Kuta Utara, Dra. AA. Putu Yuyun Hanur Eny melaporkan, jumlah usulan yang terangkum dalam musrenbang ini sebanyak 507 usulan, dengan total biaya sebesar Rp356, 2 miliar lebih.

Usulan tersebut terangkum dalam 9 prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan yaitu peningkatan akuntabilitas dan transparansi tata kelola pemerintahan serta pelayanan publik dengan 77 usulan, pengembangan kualitas layanan pendidikan dan teknologi informasi sebanyak 57 usulan.

Selanjutnya perluasan akses layanan kesehatan 76 usulan, pemantapan kemandirian ekonomi kerakyatan 11 usulan, pemantapan ketahanan pangan dan produktivitas hasil pertanian 49 usulan, peningkatan infrastruktur dasar pemukiman dan pengelolaan lingkungan hidup 198 usulan.

Pengembangan pariwisata dan budaya berbasis masyarakat 23 usulan, penanganan kebencanaan terpadu serta peningkatan ketentraman dan ketertiban masyarakat 6 usulan, serta perluasan perlindungan sosial dan pengarusutamaan gender dengan 10 usulan.

IMAGE Pastika Tradisikan Kegiatan Berbagi dengan KK Miskin
Rabu, 13 Juni 2018
  Sentralbali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mentradisikan kegiatan berbagi dengan KK Miskin khususnya yang sudah lanjut usia pada momentum hari besar keagamaan. Bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Jumat (8/6/2018). Pastika, didampingi sejumlah pimpinan Organisasi... Read More...
IMAGE Wabup Buleleng Sutjidra Monitor Rastra
Sabtu, 21 April 2018
    Sentralbali.com – Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Sp OG memonitor sekaligus Memastikan 6.424 Kantung beras sejahtra (rastra)10 Kg. dari program Kementrian Sosial Republik Indonesia tepat sasaran dan sampai ke warga masayarakat, di 14 Desa di Kecamatan Gerokgak, Jumat... Read More...
IMAGE Wabup Sutjidra Apresiasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Mayong
Senin, 05 Maret 2018
    Sentralbali.com – Desa Mayong ditunjuk sebagai wakil dari Kecamatan Seririt pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018. Desa Mayong merupakan desa ketiga yang dinilai setelah Desa Madenan, Kecamatan Tejakula dan Desa Tista, Kecamatan Busungbiu. Wakil... Read More...
IMAGE Mayjen TNI Komaruddin Kunjungi TMMD ke-99
Rabu, 02 Agustus 2017
   Sentralbali.com – TNI Menunggal Membangun Desa ke-99 di Desa Besan kec. Dawan Kab. Klungkung ditinjau Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, kunjungan Pangdam IX /Udy didampingi Danrem 163/Wira Satya,  Asops Kasdam IX/Udayana dan Aster Kasdam... Read More...
IMAGE Tim Wasev dari Mabesad Tinjau TMMD ke-99 Desa Besan Klungkung
Jumat, 21 Juli 2017
    Sentralbali.com – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat meninjau lokasi TMMD Kodim 1610/Klungkung  di Desa Besan Kecamatan Dawan Kab. Klungkung, Kamis 20/7/2017). Hadir dalam kunjungan Wakil Bupati... Read More...
SmartNews.Com