Pastika Akui Kemiskinan di Bali Memprihatinkan

DSC 7954

Sentralbali.com- Made Mangku Pastika selaku Gubernur dua periode ini cepat tanggap ketika  warga miskin, yang selanjutnya mengecek kebenarannya. Tak terhitung jumlahnya Gubernur Pastika langsung ke lapangan untuk melihat kondisi riil warga miskin. Rabu (1/10/2014) orang nomor satu di Bali itu berkunjung ke rumah Sang Made Enyor di Bebalang, Kabupaten Bangli.

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, menjelaskan  keluarga Sang Made Enyor dan Sang Ayu Puspa, duda dan janda tua renta ini kondisinya memprihatinkan, tak hanya tempat tinggal yang tak layak huni tapi kondisi fisik keduanya juga pantas mendapat uluran tangan.

Didampingi Kadis Sosial Provinsi Bali, I Nyoman Wenten dan Bupati Bangli, I Made Gianyar, Gubernur Bali diantar menuju bangunan tempat berbaring Sang Ayu Puspa yang menderita vertigo.Tanpa basa-basi, Pastika secara spontan berperan sebagai mengajak urunan pejabat Pemprov Bali untuk diberikan kepada Puspa dan Enyor. 

Besarannya bervariasi, ada yang menyumbang Rp 500 ribu, dan hanya Rp 300 ribu. Merasa sulit Pak Gubernur membagi uang ganjil kepada Enyor dan Puspa, Gubernur meminta agar ada tambahan sumbangan lagi. “Ayo dong tambah lagi biar nggak sulit membagi,” pinta Pastika.

Akhirnya sumbangan itu terkumpul Rp 1.6 juta,  langsung diberikan kepada Enyor dan Puspa masing-masing Rp 800 ribu. Gubernur Pastika juga menyerahkan bantuan berupa paket.

Kemudian untuk menindaklanjuti kondisi tempat tinggal Sang Ayu Puspa, Gubernur berjanji secepatnya merehab di bagian atas bangunan tersebut. Gubernur tak ingin ada pemugaran secara besar-besaran pada rumah di bagian selatan, karena bagian dinding sudah mempergunakan beton.

Diperkirakan dengan anggaran Rp 5 juta sudah bisa kelar. Sedangkan rumah Sang Made Enyor, Kepala Lingkungan Bebalang mengatakan bakal dibantu lewat program yang ada di Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Gubernur Pastika membeberkan, kemiskinan di Bali sangat memprihatinkan, angkanya mencapai 100 ribu sehingga menjadi beban Pemprov Bali. Kalau LPM yang bisa ikut membantu, maka beban lebih ringan. Pemprov dapat mengarahkan bedah rumah kepada yang lain.

Sementara itu Kadissosnakertrans Bangli, I Nengah Sukarta menjelaskan, sesungguhnya tahun 2014 ada 3 bedah rumah dikembalikan ke pemerintah pusat, karena realita tidak sesuai dengan data yang ada di BPS. Dijelaskan penanggulangan kemiskinan di Bangli menggunakan data BPS tahun 2010.

Menurutnya, realitas dilapangan dari 155 unit bedah rumah yang terserap 152 unit. Jatah 3 unit terpaksa dikembalikan ke pusat. Diakui Enyor dan Puspa tak masuk dalam hitungan, sehingga luput dari bedah rumah. Tetapi untuk bantuan berupa asistensi sosial lanjut usia terlantar (Aslaut) dari pemerintah pusat sudah diperoleh Enyor dan Puspa, nilainya Rp 200 ribu per bulan, yang diterima setiap 4 bulan sekali

IMAGE Pastika Tradisikan Kegiatan Berbagi dengan KK Miskin
Rabu, 13 Juni 2018
  Sentralbali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mentradisikan kegiatan berbagi dengan KK Miskin khususnya yang sudah lanjut usia pada momentum hari besar keagamaan. Bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Jumat (8/6/2018). Pastika, didampingi sejumlah pimpinan Organisasi... Read More...
IMAGE Wabup Buleleng Sutjidra Monitor Rastra
Sabtu, 21 April 2018
    Sentralbali.com – Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Sp OG memonitor sekaligus Memastikan 6.424 Kantung beras sejahtra (rastra)10 Kg. dari program Kementrian Sosial Republik Indonesia tepat sasaran dan sampai ke warga masayarakat, di 14 Desa di Kecamatan Gerokgak, Jumat... Read More...
IMAGE Wabup Sutjidra Apresiasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Mayong
Senin, 05 Maret 2018
    Sentralbali.com – Desa Mayong ditunjuk sebagai wakil dari Kecamatan Seririt pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018. Desa Mayong merupakan desa ketiga yang dinilai setelah Desa Madenan, Kecamatan Tejakula dan Desa Tista, Kecamatan Busungbiu. Wakil... Read More...
IMAGE Mayjen TNI Komaruddin Kunjungi TMMD ke-99
Rabu, 02 Agustus 2017
   Sentralbali.com – TNI Menunggal Membangun Desa ke-99 di Desa Besan kec. Dawan Kab. Klungkung ditinjau Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, kunjungan Pangdam IX /Udy didampingi Danrem 163/Wira Satya,  Asops Kasdam IX/Udayana dan Aster Kasdam... Read More...
IMAGE Tim Wasev dari Mabesad Tinjau TMMD ke-99 Desa Besan Klungkung
Jumat, 21 Juli 2017
    Sentralbali.com – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat meninjau lokasi TMMD Kodim 1610/Klungkung  di Desa Besan Kecamatan Dawan Kab. Klungkung, Kamis 20/7/2017). Hadir dalam kunjungan Wakil Bupati... Read More...
SmartNews.Com